Memasuki dunia digital ada banyak sekali hal yang berubah dari konvensional menjadi digital. Salah satu yang paling banyak perubahannya adalah pemasaran atau marketing.

Bahkan dengan menggunakan teks saja yang diposting di website, proses marketing atau pemasaran sudah bisa dilakukan. Hal ini disebut dengan copyrwiting, secara sederhananya copywriting adalah bentuk teks ajakan.

Pengertian Copywriting

Untuk pengertiannya sendiri tadi sudah disinggung di awal bahwa copywriting adalah teks yang digunakan sebagai bentuk ajakan untuk melakukan promosi. Ini adalah teknik yang digunakan untuk menghasilkan sebuah tulisan yang bisa membuat para pembaca merespon dengan cepat teks yang sebelumnya sudah di post. Tulisan seperti ini disebut dengan teknik copy.

Tujuan dibuatnya copywriting adalah untuk proses pemasaran, periklanan atau pun marketing. Ini merupakan bentuk lain dari proses marketing atau pemasaran. Dengan harapan dapat membuat seseorang sadar akan suatu merek yang menjadi target utama pemasaran. Sehingga tentu tulisan yang menjual harus bersifat menjual dan sebelumnya sudah berdasarkan riset terlebih dahulu.

Tulisan dari copywriting juga harus mampu membuat orang mengingat, membuat daftar, membeli atau melakukan apapun yang memang menjadi tujuan utama penulis. Sebenarnya copywriting ini hampir sama dengan proses penjualan dengan salesman. Hanya perbedaan terbesarnya didapat dari bagaimana kedua orang ini menjual barang dagangannya. Sehingga barang dagangan tersebut dapat laku dengan cepat.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Copywriting

Oleh karena bersifat untuk menjual, maka membuat copywriting yang baik tidak bisa dilakukan oleh sembarang penulis. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penulis saat membuat teks copywriting yang diinginkan dan sesuai dengan perusahaan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penulis saat hendak membuat teks copywriting adalah sebagai berikut.

Kemampuan Menulis

Karena memang berupa tulisan, maka kemampuan menulis yang mumpuni sangat perlukan dibidang ini. Kemampuan menulis teks copywriting adalah tidak hanya seputar peraturan kalimat baku dan tidak baku saja. Seorang copywriter yang baik juga harus menguasai penggunaan SEO yang baik. Hal ini dilakukan agar teks yang dibuatnya lebih mudah ditemukan.

Memiliki Kemampuan Berkomunikasi

Selain kemampuan menulis, kemampuan berkomunikasi juga sangat diperlukan untuk menghasilkan teks yang berkualitas. Karena memang ini pada dasarnya adalah mempengaruhi seseorang melalui suatu teks. Sehingga diperlukan bagaimana cara berkomunikasi yang baik layaknya seperti berbicara langsung. Namun kali ini kata-kata tersebut dituangkan dan diolah dengan baik dalam bentuk teks yang bisa dibaca.

Mampu Menulis Headline yang Memancing Minat Pembaca

Hampir 80% orang Indonesia lebih senang membaca judul saja tanpa memperhatikan isi konten tersebut secara keseluruhan. Karenanya dikenal teknik click bait, yakni teknik untuk para pengunjung mengclick sesuatu yang dianggapnya menarik. Meskipun begitu, pastikan headline masih nyambung dengan isi artikel. Sertakan juga beberapa gambar yang bisa menarik minat pembaca.

Mengetahui Target Pembacanya

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya dalam menulis teks copywriting adalah sudah mengetahui dengan jelas target pembacanya. Contohnya seperti membuat teks copywriting untuk make up, maka jelas target pembacanya lebih banyak untuk kaum perempuan. Setelah mengetahui target pembaca seperti itu, maka bisa langsung dibuat teks copywriting sesuai dengan target pembaca yang telah ditentukan.

Mengutamakan Kenyamanan Pembaca

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan dalam membuat teks copywriting adalah kenyamanan pembaca tersebut saat membaca teksnya. Dalam hal ini tentu pembaca tidak ingin membaca teks yang terlalu ribet, dan menggunakan bahasa yang sulit dimengerti. Hal itu Karenanya buatlah artikel dengan bahasa yang sederhana, sehingga membuat pembaca betah berlama-lama membaca artikel tersebut.

Bisa Membuat Tulisan yang Dapat Direspon Pasar

Sebelumnya seorang copywriter sudah terlebih dahulu melakukan riset sebelum menulis teksnya. Hal ini dilakukan agar teks yang nantinya dibuat sesuai dengan keinginan pasar. Dengan begitu respon atau pun feedback yang diberikan oleh pasar akan lebih cepat dan mudah untuk didapatkan. Karena memang tujuan dari copywriting adalah respon dari pasar yang berisikan konsumen.

Bersifat Bertanggung Jawab

Perhatikan juga deadline dan ketentuan yang sudah diberikan untuk membuat copywriting yang diinginkan. Dalam hal ini yang diutamakan adalah kemampuan penulisnya untuk bisa tetap fokus. Tidak hanya dengan tujuan utama teks tapi juga waktu yang dibutuhkannya saat pengerjaan sedang berlangsung. Karena nantinya ini juga akan berdampak untuk pertanggung jawaban detail yang sudah diberikan.

Manfaat Copywriting

Sesuai yang dibahas sebelumnya bahwa tujuan utama copywriting adalah sebagai sarana pemasaran namun dalam bentuk tulisan. Selain hal tersebut ternyata ada manfaat lainnya dari copywriting yang jarang disadari oleh banyak perusahaan. Bahkan juga jarang disadari oleh pemilik usaha yang ada. Karenanya sebelum menyesal, lihat dulu manfaat dari copywriting di bawah ini.

Penyampaian Produk Lebih Tepat Sasaran

Meskipun berupa tulisan tapi penyampaian produknya akan lebih tepat sasaran. Hal ini terkait dengan pembahasan sebelumnya bahwa seorang copywriter harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Sehingga dengan begitu, tulisan yang dihasilkan akan sesuai dengan kebutuhan pasar dan pastinya lebih dapat menjangkau konsumen dengan baik dan sesuai keinginan.

Bersifat Lebih Sederhana

Cara kerja copywriting memang terlihat rumit pada awalnya. Padahal pengejahwentahan copywriting lebih mudah dan sangat sederhana. Penggambarannya seperti mengetahui produk apa yang hendak dijual, melakukan riset, membuat tulisan, dan menerbitkan tulisan. Sesederhana itu proses yang dibutuhkan, apalagi jika sedari awal copywriter yang digunakan memang sudah berkualitas.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online Modal Kecil Hasil Besar

Bisa Lebih Dekat Dengan Konsumen

Selanjutnya adalah bisa menjadi ajang untuk lebih dekat dengan konsumen. Karena memang sebelum membuat teks ini, sudah diketahui keinginan dari konsumennya. Sehingga secara tidak langsung penulis membuat riset untuk lebih mengenal target konsumennya. Tidak hanya itu saja nantinya komen dari copywriting juga bisa digunakan sebagai bahan ajaran untuk perusahaan.

Menaikkan Traffic Website

Manfaat lainnya adalah bisa menaikkan traffic website karena copywriting ini juga berbentuk teks yang mana teks atau artikel adalah ibarat nyawa dari website itu sendiri. website yang teratur update artikel tentu akan bagus di mesin pencari. khusus untuk artikel sehari-hari bisa juga menggunakan jasa penulis artikel SEO agar website selalu “hidup”, Jadi pada intinya copywriting juga bisa bermanfaat untuk menaikkan lalu lintas website sekaligus ajang pemasaran.

Mengubah Pembaca Menjadi Pembeli Potensial

Karena mendapatkan beberapa pembaca baru melalui teks yang berkualitas ternyata juga bisa diubah menjadi target konsumen. Dengan memperhatikan pengunjung yang paling sering melihat produk serupa, perusahaan bisa tahu target konsumennya yang potensial. Sehingga proses pendekatan marketing lanjutan bisa dilakukan.

Ternyata pengertian copywriting sangat berbeda dan lebih kompleks dari kelihatannya. Meskipun begitu manfaat yang diberikan oleh copywriting sangat banyak, karenanya tidak heran jika perusahaan yang menggunakan teknik ini sebagai pemasaran. Selain itu keuntungan utama yang sangat digemari oleh banyak orang dari copywriting adalah murah.

Related Post

    Leave a Comment

    VolgaWriter jasa penulis artikel SEO untuk kebutuhan artikel website. Kami memiliki ratusan penulis berpengalaman.

    Copyright © 2020 Volga Writer

    Alamat Kantor

    CV. Surya Jaya Education

    Griya Mustika 3 No.21 Tulungagung Indonesia

    Kontak

    Whatsapp: 082142135553