Jasa Penulis Artikel SEO Murah | Terbaik & Profesional

Sebelum kita masuk pada pembahasan kami ingin menginformasikan jika anda membutuhkan artikel berkualitas silahkan menggunakan jasa penulis artikel volga writer.

Fakta berbicara jika 55% pengunjung website akan membaca artikel hanya kurang lebih 15 detik. Oleh karena itu, sebagai penulis artikel, baik untuk media konvensional maupun online sebaiknya mulai memperhatikan kualitas dari sebuah artikel yang ditulis. Dengan demikian, setiap penulis artikel hendaknya tahu bagaimana cara membuat artikel yang baik agar hasilnya berkualitas.

Apabila artikel yang ditulis berkualitas, maka akan lebih banyak menarik pembaca dan pembaca akan meluangkan waktunya lebih banyak untuk menyelesaikan bacaannya. Dengan begitu, penulis penting untuk tahu bagaimana ciri-ciri artikel berkualitas dan bagaimana cara membuatnya. Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara membuat artikel, ketahui dulu ciri-ciri artikel yang berkualitas di bawah ini:

Ciri-Ciri Artikel yang Berkualitas

Per harinya, ada sekitar lebih dari 4.4 miliar artikel yang diposting dalam sebuah website atau blog. Angka tersebut belum termasuk artikel yang ada pada media konvensional. Banyaknya artikel yang bisa ditemukan dalam beragam media membuat penulis memiliki tantangan tersendiri, untuk menciptakan artikel yang berkualitas dan menarik pembaca.

Ciri-ciri dari artikel yang berkualitas yaitu artikel haruslah orisinil. Cobalah untuk menciptakan suatu artikel yang menyajikan informasi baru dan tidak basi. Kemudian, artikel yang berkualitas adalah artikel yang ditulis secara sistematis dan terstruktur. Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah memahami topic dalam sebuah artikel dan lebih enak dibaca.

Penilaian kualitas suatu artikel juga berdasarkan pada pemilihan kata dan juga penggunaan bahasa yang tepat. Pastikan menulis artikel berdasarkan PUEBI yang benar dan tidak memiliki typo di dalamnya. Pasalnya, adanya pemilihan kata yang tidak tepat atau banyak terdapat typo pada artikel, pasti akan mengganggu fokus pembaca.

Kemudian, artikel bisa dikatakan berkualitas jika cara penyampaian, topik, ataupun bahasa yang digunakan sesuai dengan target pembaca. Misalnya, jika membahas tentang politik untuk anak muda, bisa menggunakan bahasa yang tidak terlalu formal namun mudah untuk dipahami. Dengan begitu, sebagai penulis agar menghasilkan artikel yang berkualitas, sebaiknya tau cara membuat artikel yang akan dibahas di bawah ini:

7 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas

Setelah mengetahui ciri-ciri artikel yang berkualitas, kini saatnya mengetahui bagaimana cara membuatnya. Pasalnya, untuk membuat artikel yang berkualitas tentu membutuhkan langkah yang tepat. Berikut ini adalah ulasan tentang cara membuat artikel yang berkualitas yang dapat dipraktikkan:

1. Pilih Topik Tulisan

Memilih topik tulisan merupakan awal dari langkah penting untuk menghasilkan artikel yang berkualitas. Pasalnya, tanpa adanya topik tulisan tentu saja penulis akan kesulitan menghasilkan sebuah artikel. Topik tulisan bisa ditemukan dengan beragam cara, mulai dari mencarinya di berbagai literatur maupun hasil dari riset yang telah dilakukan.

Pastikan topik yang akan diulas dalam artikel adalah menarik, unik, orisinil, dan juga dibutuhkan oleh pembaca. Jika memungkinkan, pilihlah topik yang bisa bertahan lama tanpa terpengaruh oleh tren yang terjadi. Cobalah untuk mulai menuliskan topik apa saja yang menarik dan mampu untuk ditulis.

2. Tetapkan Angle

Cara membuat artikel tidaklah rumit, namun sebisa mungkin harus membuatnya dengan langkah yang tepat agar mampu menghasilkan artikel yang bermutu. Dengan begitu, langkah selanjutnya setelah memilih topic tulisan yaitu menetapkan angle. Peranan angle dalam artikel sangat penting, yaitu berguna untuk mengarahkan suatu persoalan dari satu sudut pandang.

Oleh karena itu, angle harus bersifat jelas, tajam, dan juga dalam pada sebuah artikel. Agar lebih mudah menentukan angle dalam suatu artikel, cobalah untuk menggunakan 5W+1H. 5W+1H yang dimaksud adalah who, when, what, where, why, dan how untuk merumuskan suatu angle.

Kemudian, cobalah untuk memahami lebih dalam topik yang akan diulas dalam artikel yang akan ditulis dan uraikan secara sistematis. Hal tersebut berguna untuk merumuskan angle secara tepat demi menghasilkan artikel yang berkualitas.

3. Kumpulkan Bahan Tulisan

Di atas telah diulas mengenai betapa pentingnya angle dalam sebuah artikel. Namun, dalam merumuskan angle dibutuhkan data awal yang kuat dan juga lengkap. Oleh karena itu, tahap selanjutnya setelah menentukan angle adalah mengumpulkan bahan tulisan.

Bahan tulisan begitu penting sebelum menulis sebuah artikel. Hal tersebut karena meskipun topik yang dipilih begitu menarik, akan mustahil menjadi artikel yang berkualitas tanpa adanya bahan tulisan yang mumpuni. Seorang penulis bisa mengumpulkan bahan tulisan dari beragam cara, misalnya melakukan riset, survey, observasi, maupun wawancara.

4. Buat Kerangka Tulisan

Cara membuat artikel yang berkualitas berikutnya adalah membuat kerangka tulisan. Kerangka tulisan akan membantu penulis untuk memetakan urutan suatu peristiwa, menyatukan data yang dibutuhkan, sampai dengan menentukan alur cerita yang akan ditulis.

Selain itu, kerangka tulisan juga dibuat agar sebuah isi artikel tidak menyimpang dari topik yang telah ditentukan. Ketika membuat kerangka tulisan, penulis akan memiliki bayangan tentang struktur artikel yang akan dibuat. Dengan demikian, penulis akan lebih mudah mengembangkan setiap topik yang akan dibahas dalam tiap paragrafnya.

5. Tulis Semua Bahan yang Terkumpul

Langkah berikutnya yaitu menuliskan semua bahan tulisan yang telah dikumpulkan sebelumnya berdasarkan topik dan angle yang telah ditentukan. Tulislah artikel sesuai dengan kerangka tulisan yang telah dibuat sebelumnya untuk menghindari adanya penyimpangan gagasan dan pengulangan topik atau pembahasan.

Untuk menghasilkan artikel yang berkualitas, pada tahap ini penulis harus bisa menulis dengan relax tanpa memikirkan hal-hal yang detail dan kecil. Pasalnya, hal-hal tersebut bisa mengganggu fokus dan konsentrasi dalam menghasilkan sebuah artikel yang bermutu. Meskipun begitu, penulis tetaplah harus menulis dengan profesional dna tidak boleh serampangan.

6. Proses Editing

Ini adalah proses dimana penulis bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam penulisan. Selain itu, proses editing juga berguna untuk menajamkan isi berita sesuai dengan gaya bahasa tertentu agar menjadi artikel yang menarik dan juga berkualitas. Dalam proses editing, pastikan artikel yang dihasilkan berisi, enak dibaca, dan mudah dipahami.

Jika aspek tersebut sudah selesai disunting, periksalah aspek penggunaan bahasanya. Kemudian, artikel yang sudah selesai ditulis juga perlu dilihat apakah ada kesalahan pengejaan atau pengetikan. Jika perlu, lakukanlah proofreading agar tidak ada kesalahan dalam sebuah artikel yang akan diterbitkan.

7. Cek Keunikan Artikel (Plagiasi)

Suatu artikel yang menarik dan berkualitas juga bisa dilihat dari sisi keorisinalitasannya. Semakin unik dan orisinil, maka semakin berkualitas sebuah artikel. Oleh karena itu, selesai proses editing, langkah berikutnya yaitu mengecek keunikan artikel atau plagiasi.

Hal ini begitu penting terlebih lagi jika sebuah artikel akan diterbitkan pada media online. Ada banyak situs gratis maupun berbayar untuk mengecek keunikan sebuah artikel. Pastikan artikel yang ditulis betul-betul orisinil setelah dilakukan pengecekan keunikan (plagiasi) agar menghasilkan artikel yang berkualitas.

Itulah ulasan yang menarik perihal cara membuat artikel yang berkualitas dan bagaimana ciri-cirinya. Bagi penulis artikel, baik artikel online maupun konvensional sebaiknya mengetahui kedua hal tersebut karena keduanya saling berkesinambungan. Tetap konsisten untuk melakukannya karena menciptakan artikel yang berkualitas memang tidak mudah dan membutuhkan kemampuan yang harus sering diasah.

Penulis: Tim Penulis VolgaWriter PRO

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *