Jasa Penulis Artikel SEO Murah | Terbaik & Profesional

Bagi para praktisi yang bergerak di bidang digital marketing, artikel SEO bukanlah mainan baru. Justru saking pentingnya peranan SEO ini, tak sedikit yang mencoba menyusun formula dan cara membuat artikel SEO yang paling tepat. Oleh karena itu juga kami menyediakan jasa penulis artikel seo untuk membantu pemilik website dalam membuat artikel seo.

Sebelum membahas mengenai artikel SEO, mari naik pada hirarki di atasnya, yakni SEO. Akronim dari search engine optimization merupakan tindakan yang diambil untuk meningkatkan posisi website di hasil pencarian.

Ini dilakukan karena berdasarkan hasil penelitian, 95% orang yang membuka Google hanya tertarik untuk membuka apa yang tersaji di halaman pertamanya saja. Kemudian, hampir separuhnya lebih memilih untuk mengklik tiga hasil pencarian teratas.

Meskipun itu merupakan data penelitian lama, namun hasilnya masih relevan hingga sekarang.

Nah, di situlah letak dari fungsi SEO, yakni membantu website untuk berada di posisi setinggi mungkin pada hasil pencarian. Dari kondisi tersebut, artikel menjadi salah satu instrumen dalam SEO.

Berkenalan dengan Apa Itu Artikel SEO

Sebelum membahas tentang cara membuat artikel SEO, ada baiknya mengenal tentang apa maksud dari artikel SEO itu sebenarnya. Lalu, apa yang membedakan artikel SEO ini dengan artikel yang lain.

Pada dasarnya, akronim SEO di belakang kata artikel itulah yang menjadi pembeda utama. Artikel SEO dibuat untuk tujuan SEO, sementara artikel lain adalah sebagai alat komunikasi.

Selain artikel, sebenarnya masih banyak konten lainnya yang bisa dijadikan sebagai sarana SEO. Hanya saja, artikel merupakan yang termudah untuk dilakukan.

Berbeda dengan istilah yang digunakan oleh para pakar SEO dari luar negeri, di Indonesia sendiri artikel SEO mencakup berbagai jenis tulisan. Mulai dari artikel untuk promosi produk, untuk postingan blog, tulisan berita, dan masih banyak lagi.

Kesemua jenis artikel yang digunakan untuk dipublikasikan secara online tersebut memiliki peran untuk mengoptimalkan website. Bahkan, artikel untuk postingan blog memiliki kemampuan untuk engagement pembaca agar terus kembali dan mengunjungi website demi postingan yang baru.

Ciri-ciri Artikel yang SEO

Seperti yang telah dijelaskan di atas, artikel SEO memiliki tujuan yang spesifik untuk membantu meningkatkan posisi website. Untuk lebih memahami tentang artikel SEO, ada baiknya memperhatikan beberapa ciri-cirinya berikut ini:

  • Ada keyword. Artikel SEO memiliki keyword yang berfungsi sebagai topik pembahasan dalam artikel. Keyword ini merupakan apa yang dicari oleh pembaca pada mesin pencari.
  • Memiliki judul yang clickbait. Seringkali judul artikel SEO tak hanya dibuat informatif, tetapi juga dibuat sangat menarik. Hal ini dilakukan demi menarik minat pembaca agar mengklik artikel tersebut hanya dari membaca judulnya saja.
  • Struktur artikel dibagi ke dalam beberapa subheading. Bukan hanya bab-bab dalam buku saja yang dibagi ke dalam struktur heading, melainkan artikel SEO juga. Hanya saja, subheading dalam artikel SEO lebih ringkas. Struktur tulisan seperti ini digunakan demi memudahkan pembaca dalam memahami isi artikel.
  • Tak jarang berbentuk list. Selain berbentuk heading, dalam lain kesempatan artikel SEO juga dibuat dalam bentuk list. Artinya ketika artikel diklik, maka pembaca akan menemukan list atau daftar yang berurutan (biasanya diberi penomoran Arabic).
  • Susunan paragraf cenderung pendek. Artikel SEO sangat berorientasi pada pembaca, sehingga dibuat agar senyaman mungkin ketika dibaca. Oleh karenanya, paragrafnya pun cenderung dibuat pendek agar lebih ramah pada mata. Ini khususnya dimaksudkan bagi yang mengakses secara mobile dengan ponsel.
  • Seringkali URL artikel berupa keyword. Perhatikan pada bagian URL pada artikel SEO yang ditemukan di hasil pencarian. Tujuannya adalah agar pembaca mudah mencari laman artikel yang dituju jika suatu waktu akan kembali mengunjungi.
  • Keberadaan backlink dalam artikel. Butuh lebih dari satu artikel secara khusus untuk mengupas tentang backlink Sebagai sebuah instrumen SEO, jika menemukan backlink dalam artikel, maka yakinlah bahwa artikel tersebut merupakan sebuah artikel SEO.

Cara Membuat Artikel SEO yang Bisa Ditiru Pemula

Setelah mengetahui tentang ciri-cirinya, maka langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana cara membuat artikel SEO. Syarat dasar yang harus dipenuhi adalah memiliki kemampuan menulis. Selanjutnya, bisa dipelajari sambil berproses, seperti langkah-langkah yang telah disusun berikut:

1. Tahu Target Pembaca dan Tentukan Keyword sebagai Topik Tulisan

Saat akan menulis sebuah artikel SEO, pastikan untuk mengetahui siapa target pembacanya. Hal ini penting agar bisa menentukan bagaimana alur artikel yang akan dibuat. Target pembaca juga sangat berkaitan erat dengan penentuan keyword yang akan dituliskan.

Backbone dari sebuah artikel SEO adalah keyword. Bagi artikel SEO, keyword merupakan inti atau topik artikel yang dituliskan.

Penentuan keyword pun perlu riset yang mendalam dan tidak boleh sembarangan. Keyword sangat berperan bagi SEO, karena berkaitan langsung dengan tingkat kompetisi dari berjuta-juta artikel yang dipublikasikan secara online.

2. Lakukan Riset dan Kumpulkan Data Mengenai Apa yang Akan Ditulis

Setelah tahu apa (keyword) apa yang akan dituliskan, langkah selanjutnya adalah melakukan riset mengenai keyword tersebut. Sama halnya seperti jenis tulisan lainnya, artikel SEO pun harus berdasarkan data-data faktual.

Artikel SEO tidak bisa sembarangan ditulis hanya berdasarkan opini dari penulisnya saja. Penulisannya pun harus tanpa bias dan tidak ada keberpihakan khusus.

Jika memang yang dituliskan merupakan artikel yang menawarkan suatu produk, maka kelebihan yang dijabarkan pun harus sesuai dengan kenyataan. Artinya, pembaca bisa membuktikan kebenaran akan apa yang diinformasikan di dalam tulisan.

3. Buat Judul yang Menarik

Bagi artikel SEO, judul mengemban peranan yang sangat besar. Meski banyak yang mengatakan don’t judge a book by its cover, nyatanya pembaca tidak akan tertarik untuk mengklik artikel yang judulnya biasa-biasa saja.

Pastikan agar judul sudah memberikan jawaban atas apa yang ditanyakan oleh pembaca dalam keyword. Dengan begitu, pembaca pun akan yakin dan merasa tertarik untuk membuka laman artikel.

4. Susun Kerangka Tulisan

Sudah memiliki judul yang menarik, bukan berarti pekerjaan selesai. Justru dari judul yang telah dibuat, harus bisa menyusunnya dalam kerangka tulisan yang utuh. Utuh di sini artinya, isi artikel pun harus bisa menjelaskan apa yang pembaca cari dari keyword.

Tanpa adanya kerangka artikel yang jelas, judul yang menarik pun akan sia-sia. Pembaca akan langsung pergi dari laman artikel dan membuat algoritma Google memberikan penilaian kurang karena singkatnya waktu engagement dari pembaca.

5. Gunakan Bahasa Penulisan yang Paling Pas dengan Target Pembaca

Setelah judul dan kerangka tulisan selesai, penulis telah menyelesaikan 60% dari proses pembuatan artikel SEO. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah menuliskan artikel untuk mengisi kerangka yang telah dibuat.

Diksi dan pilihan kata yang digunakan untuk menuliskan artikel harus sesuai dengan target pembaca yang akan disasar. Dengan begitu, pembaca tidak akan kesulitan dalam memahami artikel yang telah dituliskan.

7. Cek Ulang Artikel dan Pastikan Bebas Plagiasi

Poin penting dalam penulisan sebuah artikel adalah ketiadaan typo serta kesalahan ejaan. Jika merasa kesulitan, bisa menggunakan alat bantu seperti mengaktifkan proofread detector.

Selain itu, artikel pun harus bebas plagiasi. Ada banyak website yang menawarkan plagiarism checker secara gratis. Ini dilakukan untuk mengurangi resiko terkena ban, sebab mesin pencari seperti Google sangat sensitif dengan plagiasi.

Itulah beberapa cara membuat artikel SEO yang bisa dilakukan oleh penulis. Cara-cara diatas pun dapat diikuti bagi yang berkeinginan untuk menjadi seorang penulis artikel SEO.

Terkait dengan SERP atau search engine result pages, juga merupakan langkah penting bagi artikel SEO. Hanya saja, SERP jarang dilakukan langsung oleh penulis (yang hanya benar-benar menulis saja). Oleh karenanya, pada pembahasan kali ini, tidak dijelaskan secara mendetail seperti poin lainnya.

Penulis: Tim Penulis VolgaWriter PRO

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *