Jasa Penulis Artikel SEO Murah | Terbaik & Profesional

Jika memiliki hobi membaca, pasti sudah tiak asing lagi dengan istilah artikel. Artikel dapat ditemui diberagam media, baik media online maupun media konvensional, seperti koran ataupun majalah.

Jika ingin mengetahui apa itu artikel, artikel merupakan esai atau buah pikiran penulis yang dibuat untuk dipublikasikan dengan tujuan tertentu.

Ada beragam gaya penulisan dalam sebuah artikel yang berhubungan dengan tujuan dari ditulisnya sebuah artikel. Artikel juga perlu ditulis secara terstruktur agar memudahkan pembaca dalam memahami isi sebuah artikel. Namun, sebelum membahas lebih jauh soal gaya penulisan atau struktur artikel, simak dulu seputar apa itu artikel dan ciri-cirinya berikut ini.

Apa itu Artikel ? Inilah Pengertian dan Ciri-Ciri Artikel

Jika ingin mengetahui apa itu artikel, artikel adalah sebuah karangan yang berisi fakta, opini, atau gagasan yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun media konvensional.

Dari penjelasan tersebut, maka artikel dapat dikenali berdasarkan karakteristiknya atau ciri-cirinya. Karakteristik yang pertama, yaitu artikel biasanya dibuat dengan jelas, padat, tuntas, dan juga ringkas.

Artikel juga berisi fakta bukanlah fiksi sehingga artikel bersifat informatif dan juga faktual. Oleh karena itu, informasi dalam artikel haruslah berdasarkan suatu penelitian atau fakta tertentu dan harus dapat dipertanggungjawabkan. Di samping itu, artikel bisa saja berisi suatu opini maupun analisis.

Namun, dalam artikel tersebut harus berdasarkan pada data yang valid atau teori yang ada. Jadi, isi dalam artikel bisa berdasarkan fakta pada sebuah objek atau fakta yang berasal dari narasumber, bukan hanya hasil pemikiran penulis semata.

Apa itu artikel juga bisa diartikan sebagai suatu karya yang ilmiah sehingga memiliki karakteristik bahasa yang digunakan adalah baku atau resmi. Kalimat yang digunakan pun haruslah efektif, lugas dan juga logis. Kemudian, artikel harus ditulis secara terstruktur dan juga sistematis agar mudah dibaca dan juga dipahami isinya.

Tujuan Artikel

Setelah mengetahui apa itu artikel dan ciri-cirinya, saatnya mengetahui tentang tujuan artikel. Artikel bisa saja ditulis berdasarkan hobi namun, sebuah artikel ditulis tentunya memiliki suatu tujuan. Misalnya, artikel ditulis untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan penulis pada pembaca.

Atau, artikel ditulis dengan tujuan untuk membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan topik dalam artikel.

Dari kedua contoh tujuan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa setiap artikel yang diterbitkan ada tujuan tertentu. Dimana tujuan tersebut akan berhubungan dengan isi artikel dan gaya penulisan artikel, yang akan dibahas dalam ulasan di bawah ini.

Gaya Penulisan Artikel

Setiap artikel yang ditulis diberbagai media, ternyata terdiri dari macam-macam gaya penulisan artikel. Gaya penulisan artikel merujuk pada tujuan penulisan dalam suatu artikel. Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai gaya penulisan artikel, di bawah ini adalah ulasannya:

1. Narasi

Artikel narasi berisi tentang cerita rangkaian kejadian secara sistematis dan terdiri dari awal, tengah, dan juga akhir cerita. Contoh artikel narasi adalah autobiografi, biografi, dan juga kisah pengalaman hidup seseorang. Oleh karena itu, pada artikel narasi akan ada tokoh, permasalahan, peristiwa, dan juga solusi dari permasalahan tersebut.

2. Deskripsi

Pernahkah membaca artikel yang menceritakan dengan detail sehingga pembaca seperti merasakan, mendengar, atau melihat langsung keadaannya? Jika pernah membaca gaya penulisan yang seperti itu, berarti pernah membaca artikel jenis deskripsi. Jenis artikel deskripsi merupakan artikel yang menggambarkan situasi, kasus, atau keadaan pada pembaca. Dengan begitu, pembaca bisa seolah-olah ‘masuk’ pada isi dari artikel tersebut.

3. Eksposisi

Tujuan utama dari gaya penulisan ekspoisi yaitu agar pembaca mendapatkan informasi tambahan maupun pengetahuan. Pasalnya, artikel dengan gaya penulisan ekspoisi akan berisi penjelasan dari suatu tipik tertentu. Biasanya jenis artikel ini akan dilengkapi dengan data atau informasi pendukung, seperti statistic, gambar, ataupun grafik.

4. Argumentasi

Gaya penulisan artikel argumentasi adalah jenis artikel yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran dalam sebuah pendapat. Maka, tidak heran jika pada artikel argumentasi akan terdapat data ataupun fakta untuk dilampirkan sebagai dasar alasan untuk sebuah pembuktian.

Data ataupun fakta tersebut juga digunakan sebagai dukungan dalam sebuah pendapat yang disampaikan melalui artikel argumentasi. Dengan begitu, penulis artikel argumentasi akan mengharapkan adanya kebenaran berpendapat dari pembaca yang kemudian disampaikan melalui opini, fakta, dan juga data yang mendukung.

5. Persuasi

Apa itu artikel yaitu sebuah karya tulis yang salah satu tujuannya yaitu untuk membujuk pembaca. Salah satu gaya penulisan artikel yang mendukung definisi dari artikel adalah persuasi. Pasalnya, gaya penulisan artikel persuasi bertujuan untuk mempengaruhi, membujuk, atau mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu,

Artikel persuasi banyak ditemukan pada kampanye, misalnya seperti kampanye keluarga berencana atau kampanye narkoba. Isi artikelnya yaitu menjelaskan tentang pentingnya keluarga berencana atau bahaya narkoba. Penulis yang menulis artikel tersebut kemudian mengharapkan pembaca untuk mengikuti anjuran keluarga berencana dan juga menjauhi narkoba.

Struktur Artikel

Apa itu artikel sudah dibahas pada bagian awal dan kini saatnya mengetahui bagaimana struktur artikel. Struktur artikel sangat berguna untuk menghasilkan artikel yang enak dan juga mudah dibaca serta dipahami. Berikut ini adalah 4 struktur artikel yang harus ada dalam sebuah artikel:

1. Judul

Struktur artikel yang pertama yaitu judul, yang menggambarkan isi dari sebuah artikel. Judul juga membantu pembaca untuk mengetahui seperti apa artikel yang akan dibacanya nanti. Judul merupakan salah satu bagian artikel yang menentukan apakah pembaca akan melanjutkan membaca artikel tersebut atau tidak.

Oleh karena itu, jika membuat artikel sebaiknya buatlah judul yang menarik namun tetap merepresentasikan isi artikel yang ditulis. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 97% pembaca akan membaca judul dari sebuah artikel. Dengan begitu, itulah alasan mengapa judul sangat penting dalam sebuah artikel katrena hampir dibaca oleh setiap pembaca.

2. Alinea Pembuka

Lead atau alinea pembuka terletak di bagian awal atau paragraf awal dari ulasan artikel. Isi dari alinea pembuka adalah sebagai pengantar sebelum membahas lebih lanjut mengenai suatu topik yang akan ditulis dalam sebuah artikel. Alinea pembuka juga membahas suatu masalah, pernyataan, ataupun peristiwa yang akan diulas dalam sebuah artikel.

Untuk menulis alinea pembuka, bisa menggunakan dua teknik berbeda, yaitu deduktif dan induktif. Jika menggunakan teknik deduktif, berarti pada bagian pembukaan artikel akan bersifat umum. Sedangkan untuk teknik induktif yaitu menulis bagian alinea pembuka yang sifatnya khusus.

3. Alinea Penjelas

Apa itu artikel adalah suatu karangan berupa esai yang berisi ide-ide ataupun fakta-fakta yang disajikan secara lengkap untuk dipublikasikan pada beragam media. Oleh karena itu, di dalam artikel terdapat inti atau isi dari sebuah artikel, yaitu terdapat pada alinea penjelas atau batang tubuh.

Pada bagian inilah pembaca bisa mengetahui isi dari artikel yang berhubungan dengan judul yang ditulis pada struktur awal artikel. Bagian alinea penjelas atau batang tubuh, berisi ulasan lengkap yang disertai dengan informasi pendukung, seperti data atau fakta. Hal-hal pendukung tersebut akan memberikan informasi, menghibur, ataupun meyakinpan pembaca, tergantung dari tujuan artikel yang ditulis.

4.  Alinea Penutup

Struktur artikel yang terakhir yaitu alinea penutup yang berisi kesimpulan atau rangkuman dari ulasan yang dijelaskan dalam sebuah artikel. Maka, alinea penutup akan selalu berada di paling akhir dalam sebuah artikel. Di bagian ini, pembaca bisa mengetahui bagaimana sikap penulis artikel terhadap topik yang diulas dalam artikelnya.

Itulah ulasan lengkap mengenai apa itu artikel, ciri-cirinya, dan tujuan penulisan artikel. Ternyata ada beragam tujuan penulisan artikel yang berhubungan erat dengan gaya penulisannya. Namun, meskipun artikel ditulis menggunakan gaya penulisan yang tepat, sebuah artikel harus memenuhi kaidah struktur artikel agar artikel mudah dipahami dan mencapai tujuannya.

Penulis: Tim Penulis VolgaWriter PRO

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *